Beranda | Artikel
Keadaan Orang-Orang yang Sengsara dan Bahagia - Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.)
Senin, 13 November 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Arman Amri

Ceramah agama Islam disampaikan oleh: Ustadz Arman Amri, Lc.

Pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dibangkitkannya Manusia dari Alam Kubur“. Download ceramah agamanya lengkap dengan sesi tanya-jawabnya.

Download kajian sebelumnya: Dibangkitkannya Manusia dari Alam Kubur

Ringkasan Kajian Kitab Al-Aqidah Awwalan Lau Kanu Ya’lamun: Keadaan Orang-Orang yang Sengsara dan Bahagia

Orang-orang beriman kelak akan dikumpulkan ke padang mahsyar dengan berkendara. Dan hal ini merupakan suatu kemudahan bagi Allah. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

قَالَ كَذَٰلِكَ قَالَ رَبُّكَ هُوَ عَلَيَّ هَيِّنٌ وَقَدْ خَلَقْتُكَ مِن قَبْلُ وَلَمْ تَكُ شَيْئًا ﴿٩﴾

“Tuhan berfirman: “Demikianlah”. Tuhan berfirman: “Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan sesunguhnya telah Aku ciptakan kamu sebelum itu, padahal kamu (di waktu itu) belum ada sama sekali”(Q.S  Maryam[19]: 9)

 

Adapun orang-orang yang ketika di dunia berbuat kekufuran kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala atau melanggar agama ini, maka mereka akan dikumpulkan dengan wajah-wajah mereka yang buta, tuli dan begitulah keadaan mereka yang nanti akan dikenakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Apabila manusia telah sampai di padang mahsyar mereka semua menunggu dengan penungguan yang lama, yakni satu hari seperti lima puluh ribu tahun sedangkan tubuh tubuh mereka tidak berbusana, kaki kaki mereka tiada berbalas kaki dan mata mereka terbelalak dan hati-hati per keburu bergemuruh matahari didekatkan, keringat mengucur deras?

1. Keadaan orang-orang yang kufur kepada Allah.

Allah menggambarkan keadaan orang-orang yang sengsara di padang mahsyar dalam surat Al-Ankabut ayat ke-54:

يَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمُحِيطَةٌ بِالْكَافِرِينَ ﴿٥٤﴾ يَوْمَ يَغْشَاهُمُ الْعَذَابُ مِن فَوْقِهِمْ وَمِن تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ وَيَقُولُ ذُوقُوا مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ ﴿٥٥﴾

“Pada hari mereka ditutup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka dan Allah berkata (kepada mereka): “Rasailah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan”. Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, sesungguhnya bumi-Ku luas, maka sembahlah Aku saja.(Q.S AL-Ankabut[29]: 54-55)

2. Keadaan orang-orang yang beriman

Keadaan orang-orang yang beriman ketika di padang mahsyar, mereka adalah orang-orang yang bahagia. Semoga kita semua dikumpulkan oleh allah subhanahu wa ta’ala dalam keadaan berbahagia kelak di negeri akhirat.

Bagaimana penjelasan selanjutnya tentang keadaan manusia setelah dibangkitkan dari alam kubur?

Download MP3 Kajian Kitab Al-Aqidah Awwalan Lau Kanu Ya’lamun: Keadaan Orang-Orang yang Sengsara dan Bahagia


[do_widget id=blog_subscription-2]

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal kebaikan.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/28591-keadaan-orang-orang-yang-sengsara-dan-bahagia-aqidah-prioritas-utama-ustadz-arman-amri-lc/